Minggu, 09 April 2017

TESTIMONI PERKULIAHAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Nama: Filipus Riaman Napitu Saragih
NIM: 161301032

Berikut saya akan sharing testimoni/pengalaman pembelajaran saya belajar mata kuliah Psikologi Pendidikan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Awalnya saya mengira bahwa mata kuliah ini hanya membahas seputar manajemen kelas atau cara mengajar/belajar semata. Tapi, ternyata cakupan pembelajaran ini cukup luas! Ternyata ada begitu banyak hal dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan terutama lewat sudut pandang psikologis dalam mencapai tujuan dalam dunia pendidikan.

Tidak hanya aspek pembelajaran, aspek dari tenaga pengajar, muridnya sendiri, bahkan variansi individual, menjadi hal-hal yang patut diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar.

Selain materi-materi yang menarik. Dosen-dosen juga cukup mendukung pembelajaran dengan motivasi-motivasi pembelajaran yang mantab! Bagaimana kebiasan dapat memengaruhi tingkah laku kita, bahkan mungkin dalam proses mencapai hasil yang kita inginkan. Memang tidak dapat dipungkiri sebagai dosen, pemberian tugas baik secara kelompok maupun individu tidak dapat dihindari. Tetapi Dosen-Dosen cukup mendukung setiap pembelajaran kami.

Tugas yang paling menarik adalah observasi kesekolah, disitu kita belajar bagaimana sebagai mahasiswa, secara kelompok melakukan tugas outdoor secara mandiri, turun langsung kelapangan, untuk menelaah langsung sesuai kajian yang didapat selama masa perkuliahan. Alhasil banyak hal postif yang kami dapatkan, dimana tidak hanya teori, kami mendapatkan pemahaman lebih akan dunia pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar